Blogger news

Fiqih Zakat Fitrah (Kedua)

Fiqih Zakat Fitrah (Kedua)

Oleh: Musyrif Muhammad Aditya Firdaus

Editor: Musyrif Muhammad Ishaac


1. Niat zakat fithrah

Wajib berniat ketika berzakat fithrah ni, dan dalam zakat2 lainnya supaya membedakannya dgn pemberian atau shodaqah yg sunnah.

#Kapan berniatnya tu

=Pertama bisa ketika kita sudah memisahkan beras yang akan di beri, Atau pas ketika menjulung Ke mustahiq, Atau pas menjulung ke wakil kita yg menjulungkan ke mustahiq, dalam hal ini panitia masjid lah kaya wadah kita.

#Siapa yg bniat?

=klo kita ini trmasuk yg dalam tanggungan ,pembahasannya sudah dijelaskan, misal istri, anak yg belum baligh, atau anak yg ganal tapi gila misalnya maka yg berniat adalah suaminya, atau ayahnya sebagai orang yg wajib menafkahinya. Kada bulih berniat bagi2 fithrah kecuali atas izin suami tadi.

Bila yg kada jadi tanggungan lagi , kaya anak yg baligh, maka bisa aja sebenarnya ayahnya meniati sebagai wakil dia dgn syarat anak yg baligh tadi tahu dan ayahny berizin lawan inya untuk mengeluarkan fithrahnya.

×Niat berfithrah sagan surangan

نويت ان اخرج زكاة الفطر عن نفسي فرضا لله تعالى

=Nawaitu an ukhrija zakatal fithri 'an nafsii fardhon lillahi Ta'ala.

Artinya: Sahajaku mngluarkan zakat fithrah untuk diriku sendiri fardhu krn Allah.

Mun sagan bini 

نويت ان اخرج زكاة الفطر  عن زوجتي فرضا لله تعالى 

=Nawaytu an ukhrija zakatal fithri 'an zaujatii fardhu kerana Allah Ta'ala

Artinya : Sahajaku mngluarkn zakat fithrah untuk biniku fardhu kerana Allah Ta'ala

Sagan anak lakian

نويت ان اخرج زكاة الفطر عن ولدى فرضا لله تعالى 

=Nawaytu an ukhrija zakatal fithri 'an waladii fardhon lillahi Ta'ala

Artinya :Sahajaku mngluarkan zakat fithrah tuk anak laki2ku fardhu krna Allah Ta'ala.

Bila anak binian gnti ja ولدي jd بنتي binti

Mun kita yg kada wajib menanggung tapi sebagai wakil tadi meniati, misalnya anak yang baligh maka niatnya

نويت ان اخرج زكاة الفطر عن    ......فرضا لله تعالى

=Nawaytu an ukhrija zakatal fithri 'an ..sebut namanya.. fardhon lillahi Ta'ala.

:Sahajaku mngluarkn zakat fithrah untuk....fardhu krna Allah Ta'ala

Mun hndk jua, biar ja abahnya yang baligh tadi menukarkan barasnya, suruh niat sorang

Mun handak ringkas kd satu2 ,skli niat ja untuk diri plus tanggungan bisa. Caranya kumpulkan dlu beras sorang, lwan tanggungan sorang , imbah tu niati =

نويت ان اخرج زكاة الفطر عني و عن ما يلزمني نفقاتهم شرعا فرضا لله تعالى 

=Nawaytu an ukhrija zakatal fithri 'annii wa 'an ma yalzamunii nafaqotuhum syar'an lillahi Ta'ala

Artinya :Sahajaku mengeluarkan zakat fithrah untukku dan untuk orang2 yg wajib ku nafkahi secara syara' fardhu karna Allah Ta'ala.

#Munny kd hapal Arab nya png?

=Kadapapa , pake indo, yg wajibnya tu dalam hati ,karena itu tempat niat

#Gasan urang nang was2 atau supaya nyaman adakah niat yang pendek?

= Sahajaku bayar zakat fithrah.. atau saya niat zakat fithrah cukup dah., Atau mun di gbung.Sahajaku byr  zakat fithrah sagan ku lawan urang2 ng wajib kunafkahi. Atau Aku niat zakat fithrah sgn ku lwan urng2 ng wjib ku nafkhi.

Intinya niat jgn dibikin ribett, akhirnya was2 kd bfithrah.meulu2

Sunnah bgi pnerima zakat mndoakn si muzakki.dalilnya.

 خذ من اموالهم صدقة تطهرهم و تزكيهم بها و صل عليهم..

"Ambillah zakat dri harta2 mreka guna membersihkan dan  menyucikan mereka, dan berdoalah tuk mreka.

At Taubah ayat 103.

Jr Imam Syafi'i =Sunnah bgi Imam/pmimpn, bila meambil shodaqah (zakat) bahwa inya mendoakn yg bersedekah (atau muzakki.).Doanya 

آجرك الله فيما اعطيت و بارك لك فيما ابقيت و جعله لك طهورا.

=Aajarokallahu fiimaa a'thoita wa baaroka laka fiimaa abqoyta wa ja'alahu laka thohuuroo.

:Semoga Allah mmberi pahala atas apa yg kau berikan, dan memberkahi akan engkau dari apa2 yg kau sisakan ,Dan menjadikannya bagi engkau (sebagai) penyuci.

Bila menjulung ke panitia masjid, ingat panitia masjid tu wakil kita tuk menyerahkan zakat ke mustahiq. Makanya harus ada shighot taukil ke panitia kada kawa sing andak langsung bulik harus bepadah dulu. Mang ni zakat fithrah  lun dan urang2 yg lun tanggung, tolong sampaikan ke yg berhak menerimanya.  =Inggih acc jar amangnya. Hanyar sah.

2. Golongan-golongan penerima zakat fithrah.

Allah berfirman=

انما الصدقات للفقرإ والمساكين والعاملين عليها والمؤلفة قلوبهم و في الرقاب والغارمين و في سبيل الله وابن السبيل،فريضة من الله. والله عليم حكيم..(سورة التوبة ٦٠)

=Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang faqir, dan orang2 miskin, amil zakat, dan orang yg dilunakkan hatinya, dn untuk  (membebaskan) hamba sahaya ,untuk (membebaskan) orang yg brhutang, untuk jalan Allah, dan ibnu sabil.Sebagai kewajiban dari Allah.Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. (QS.At Taubah Ayat).

Ayat ini turun tuk menolak anggapan urang  munafiq, bahwa zakat itu untuk Nabi dan keluarganya.

Ayat diatas berbicara tentang2 siapa2 yg berhak menerima zakat.Dalam madzhab Syafi'i ,zakat baik mal ,fithrah dll itu harus diserahkan ke 8 golongn atau ashnaf ini. Sedangkan menurut Maliki, untuk Zakat Fithrah hanya diberikan kpd Faqir dan miskin saja.

Yang pertama

1.Orang-orang Faqir.,, yg termasuk kategori faqir adalah.

a. Adalah orang yg  memang tidak punya harta juga pekerjaan ,dizaman Nabi ada yg disebut Ahlush-Shuffah, mereka sekitar 400 orng laki2 .yaitu mereka yg tinggal di serambi masjid Nabi SAW, yg tidak bkerja.

b.Atau dia punya usaha, atau , tapi tidak mencukupi kebutuhannya :sandang, pangan,papannya. Diketahui dari pendapatannya kurang dari 50% yg dibutuhkan, misal sebulan butuhnya 2 juta ternyata penghasilannya cuma dapat 700 ribu misalnya, maka faqir dah.

c.Atau kada bisi gawian cuman biisi harta ja atau aset, tapi aset nya tidak  mencukupi kebutuhan  untuk umur kebanyakan manusia yaitu 60 tahun.ada yg bilang 62 tahun. Jadi misal cuman biisi 20 juta tentu kada bisa dipakai mencukupi  kebutuhan dari usia saat ini misalnya 20 tahun sampai usia 60 tahun jika dia pakai dgn wajar tanpa brlebihan, kada jua kekurangan Untuk sandang pangan papannya. maka fakir dah itu. Namun dalam madzhab Maliki di lihat itu selama per tahun tidak sampai 60 tahun.

#Itu munnya yang belum 60 thun umur, tapi sekalinya sidin sudah 60 tahun kayapa menilainya?

=Maka dilihat hartanya itu cukup kada untuk kebutuhan 1 thun.

Termasuk faqir ialah urang  yang biisi pekerjaan nang haram, misal maaf melacur, maka tu tetap faqir dan dapat dari zakat sekira2 kdda gawian yang layak untuknya meskipun kecukupan .karena harta haram tidak dianggap, dia diberi zakat dgn harapan agar dia keluar dari gawian yg haram itu ke gawian yg halal.

Status kefakiran tdk hilang biar urangnya biisian rumah dah sorang, atau biisi beberapa pakaian biar misal inya pakai untuk berhias pada hari2 tertentu, bahkan punya budak sekalipun,. Amun inya memenuhi kategori yg diatas maka tetap faqir.

#Mun beiisi perhiasan pang bininya?

=sebagian ulama berfatwa dan ini juga didukung oleh Ibn Hajar, amun inya biisi prhiasan yg sekadarnya seperlunya dipakai secara biasa maka kada menghalangi status kefakirannya.

#Ibnu Kajjin berpendapat , boleh membari  dari zakat orang yg punya harta tapi harta jauh darinya diatas 2 marhalah/jarak boleh mengqoshor sekitar 90 km., inya diberi sekadar untuk menyampaikannya ke tempat hartanya itu.

#Juga trmasuk Orang yg punya piutang atau mehutangi urang misal 20 juta janji bayarnya bulan depan, wahini inya kdda harta. maka diberi dari zakat untuk hidupnya sampai waktu jatuh tempo hutang dilunasi. TAPI DENGAN SYARAT INYA URANG YG KDA KWA BEGAWIAN LAGI..

#Termasuk santri  atau penuntut ilmu Syar'iyy yg kekurangan hidupnya yg inya mun begawi kda kwa menuntut lagi padahal mampu ja begawi termasuk faqir kah?

=Santri seperti tadi disini ada khilaf pendapat yg pertama yg dipakai bnyk ulama

-Diberi dari harta zakat karna pertimbangan inya tadi sebagai penuntut ilmu syar'iyy itu termsuk udzur kada begawi karena itu hukumnya fardhu kifayah. Sebagian lagi berpendapat dia untuk nafkah tetap ditanggung  ayahnya /ortunya meski dia sudah baligh.

-pendapat kedua kda dibari secara muthlaq.

-pendapat ketiga dibari tapi khusus bagi santri  yg cerdas atau santri yg taat yg diharapkan hasil dia menuntut ilmu nya.

#Ilmu Syar'iyy tu kayapa?

=ya seperti fiqh,tafsir, hadits  dan ilmu alat2nya.

#Mun ada urang yang beribadah aja kada begawi lgi, padahal mampu aja, dan hidupnya ya kekurngan karena kada begawi termasuk kah faqir?

=Kada , dia tidak berhak dapat zakat, karena Yg paling utama adalah bekerja sendiri tidak bergantung atau menyusahkan manusia.

Urang yang fakir karena kada begawi  alasannya koler padahal mampu aja , juga kada berhak dapat zakat.

#kytu jua urang yang kada begawi sibuk beamalan sunnah2, atau berkhlawat maka kada termasuk golongan ini


2.Miskin.,urang 2 yg punya harta atau usaha untuk mencukupi kebutuhan nya tapi kada cukup , dgn misalnya penghasilnnya labih dari 50% kebutuhan. Misal sebulan butuh 2 jt, inya cuman dpt 1.900.000. Ja.miskin dah tu.

Sebagaimana dalam zubad

فقير العادم، والمسكين له#

ما يقع الموقع دون تكمله# 

Jadi dpt kita lihat , miskin ini masih lebih baik halnya daripada faqir. Namun Madzhab Maliki dan Hanafi berpendapat sebaliknya.

Adapun dalil madzhab kita adalah

اما السفينة فكانت لمساكين يعملون في البحر .  الكهف ٧٩.

"Adapun kapal itu adalah milik orang2 miskin yg bekerja di laut"

Dalam ayat ini memang tentang kisah Nabi Khidir AS dan Nabi Musa AS, ketika Nabi Khidir menjelaskan tentang kenapa beliau melobangi perahu. Allah mensifati para pemilik perahu disana termasuk miskin, karena dia masih punya pekerjaan yaitu dgn perahunya tadi dia bekerja maambil upah meantar2 barang  atau harta dsb  dgn perahu tadi, beda dgn faqir.

Ayat tadi juga memakai مساكين isyarat bhwa pemilik perahu itu tidak 1 orang tapi banyak orang. sebenarnya perahu warisan dari abah 10 oarng badingsanak yg miskin2 yang begawi dikapal belima namun mereka punya kekurangan fisik, tapi tidak menghalangi semangatnya, ini yg kita teladani.

Yg satu  mengidap kusta, yg kedua mata sidin buta sebelah, yg ketiga kaki sidin pincang, yg keempat ada cacat di kemaluan sidin, dan yg kelima mengidap sakit  panas kada ampih, ini yang paling halus.

Yang berlima kada begawi , mereka juga diberi ujian dgn buta, bisu,tuli,lumpuh, dan gila. Laut tempat kapal itu berlayar adalah laut antara Persia dan Romawi. Dan ketika Nabi Khidir dan Nabi Musa naik, mereka tidak memungut bayaran.

Dalil lain miskin lebih baik dari faqir adalah Nabi SAW berdoa berlindung dari kefakiran dan meminta miskin .Nabi berdoa

اللهم احيني مسكينا.

#Tetap termasuk kategori miskin jika dia kekurangan ,kada memenuhi kebutuhannya dgn ketentuan yg diatas tadi, meskipun dia seorang pedagang, yg punya harta tapi  untuk modal dagangnya meskipun modal dgnnya tadi sudah mencapai nishob zakat, maka dia disisi lain berhak menerima zakat karena miskin, disisi lain juga wajib berzakat. Maka Imam atau pemimpin berhak mengambil darinya zakat mbah tu bisa jua dijulung pulang ke inya.

#Tidak berhak menerima orang yg miskin namun aliran sesat seperti Ahmadiyyah ,qodariyyah dll.

3.'Amil zakat. Nah ini yg banyak salah paham.'Amil zakat yg dimaksud adalah urang 2 yg ditugasi oleh Imam atau pemerintah untuk khusus menangani mengumpulkan dan mendistrbusikan masalah zakat ini. Mereka , para 'amil yg ditunjuk resmi ini berhak mendapat harta zakat bila dia memang tidak digaji pemerintah , Dan meambilnya pun kada bulih sekahandak, hanya sekedar berapa upah rata2 urang bekerja biasanya. misalnya perhari rata2 urang dinegeri tu di upah begawi sekitar 100 rb, maka amil hanya dapat seitu ja.

#Tugas2 atau pembagian amil

-Ada yang tugasnya mendata atau mengetahui siapa2 yg wajib berzakat حاشر

-Ada yang tugasnya mengetahui atau mendata orang2 yg berhak menerima zakat  العاريف

- tukang hitung الحاسب

-sekretaris atau tukang catat الكاتب

-tukang keamanan harta zakat, الجابي

-Bendahara  الحافظ

#Jd pnitia di langgar2 atau masjid tu 'amil lah.

=Kada termasuk, dan kada berhak maambil zakat urang kecuali inya memang miskin. Karena panitia tu kada ditunjuk oleh pemerintah.

#Di Indonesia ni siapa yg memang amil?

=Baznas, karena resmi dari pemerintah.

Jadi konsekuensi setelah kita tahu panitia masjid itu bukan 'amil yg dimaksud, maka kita harus paham kedudukan panitia langgar itu sbagai apa?

'Amil yg resmi itu menempati kedudukan wakil dari mustahiqq. Sehingga ketika kita berzakat lewat 'amil , ternyata 'amil belum menjulung ke mustahiqq. Maka kewajiban kita gugur sudah.

Nah klo pnitia langgar karena bukan amil, maka inya hanya sebagai wakil muzakki.artinya Bila ternyata baras kita kada dijulung panitia misalnya ke mustahiqq , maka kita masih punya tanggungan .

Hal-hal yg sering terjadi

#Sering di temui di beberapa masjid atau langgr , panitia menjual beras kepada muzakki yg datang berzakat fithrah cuman bawa duit saja, yg jadi masalah adalah yg dijual panitia adalah beras fithrah urang. Hal ini tentu tidak benar. Karena panitia tidak berhak menjual beras milik muzakki yg berwakil kepadanya tanpa seizin muzakki itu. Ini juga ditekankan dan didiskusikan , dan juga dibahas dalam bahtsul masail. Solusinya kyp?, solusinya seprti yg dilakukan di beberapa masjid, dan ini juga disarankan oleh guru Kami. Bahwa masjid bekerja sama dgn pedagang baras , nah pedagang tadi yang bejual baras untuk kepentingan urang befthrah di masjid tadi., disitu bisa juga kesepakatan pedagang masjid memberi sedikit lah hujungan untuk masjid sebagai penyedia tempat , nah nanti bisa dipakai untuk operasional panitia

#Sering juga terkadang beras2 fithrah orang di gabung atau di campur. Ini tentu sulit, karna kita kda kwa menjamin siapa tahu baras yang dibagi itu tabulik ke urng yang bazakat fithrah atau baras si A misalnya te julung ke urang yg wajib dinafkahi A  misalnya kuitannya yang miskin di kampung sebelah..maka ini berakibat tidak sah fithrahnya. Solusinya baras itu dinamai dari siapa sehingga kita tahu yg menerima beras tu itu2 jua kh atau urang yg dalam nafkah wajib muzakki td.

#Sering juga panitia memakai duit masjid untuk kepentingan zakat fithrah ini. Itu tidak boleh duit masjid tidak untuk itu, kalo hndk seperti di atas yg kami tuliskan atau yang kaya di langgr kami di kayutangi, di andak kotak sumbangan tulisi untuk panitia, supaya ada jua toh pnitia thr😊

#Kadang ada panitia yg menjual beras maka perlu diingat klo mau jual beli maka tidak boleh di dalam masjid.

#Perlu dilihat terkadang dalam proses pemberian zakat kepad mustahiqq. Si penerima adalah kekanakan balum baligh. Ini kda sah karena penerima itu harus lah yg sah tuk bermuamalah atau jual beli, termasuk syaratnya adalah baligh, maka kiau mamanya atau urang tuanya.

#Kytu jua muzakki, kada bulih kekanakan yang membayar zakat fthrah, kcuali hnya sebagai suruhan kuitannya untuk maantar baras yang sudah diniati ke masjid 

#Karena posisi panitia sebagai wakil muzakki. Maka harus ada shigot taukil dari muzakki ke panitia. Intinya bepadah ni baras lun lawan yang lun wajib nafkahi tolong julungkan ke yang berhak , jadi jangan asal andak bulik.

#Bebila muzakki sudah beniat menjulung fithrah bewakil ke panitia masjid. Panitia tu wajib lah beniat pulang ketika menjulung ke mustahiqq?

=kd wajib.

Ini lh mungkin bbrp catatan kmi dlm masalh panitia zakat ini.mka kd bulih kada pnitia pun harus paham fiqh zakat ini, supaya ibadah urang sah.dan In Sya Allah menjadi panitia pun mulia karena saling tolong menolong dalam kebaikan .

4.Oramg2 yg dilembutkan hatinya (muallaf) 

Yg kita tahu muallaf tu urang yg dulunya non muslim ternyata ada muallaf yang Islam

Muallaf itu adalah isim maf'ul dari allafa melembutkan. Jadi dalam konteks ayat tadi muallaf itu yg dilunakkan hatinya.dari pengertian ini ada muallaf yg memang dia Islam , muallaf yg dimksud dsini adalah

 A.Orang2 yg masuk Islam, tapi niat nya lemah dalam Islam, maka diberi zakat dgn harapan inya mantap

B.Orang yg masuk Islam , meskipun kuat Islamnya tapi dia adalah orang mulia ,tokoh di kaumnya yg diharapkan dengan memberinya , kaumnya akan tertarik masuk Islam.

C. Orang Islam yg  memerangi atau menakuti2 kaum anti zakat. Dulu konteksnya zaman Sayyidina Abu Bakar ada gerakan anti zakat.

D.Orang yg memerangi pengikutnya yg jadi bughot atau pemberontak atau yg kafir2. Maka diberi baginy zakat untuk menguatkan hatinya jika memang memberinya itu lebih mudah dari pada mengutus pasukan tu memerangi pemberontak atau kafir2 tadi.

#mun membari zakat lawan non muslim supaya inya masuk Islam bolehlah

=kada , dalam madzhab Syafi'i karena Sekarang Islam sudah kuat. Namun dalam madzhab Maliki definisi muallaf itu adakalanya memang kafir diberi zakat supaya mau Islam, adakalanya sudah Islam diberi supaya kuat tetap islamnya ,imannya.

Jd urang sudah lawas masuk Islam , kuat lagi Islamny kada muallaf ngarannya.

5.Budak.

Yang dimaksud disini adalah budak mukatab, yaitu budak yg mengadakan perjanjian lawan pemiliknya secara sah bahwa jar tuannya tebus diri kamu dgn 100 juta misalnya, maka budak jenis ini di bari supaya inya bisa menebus dirinya tadi

Amun Madzhab Maliki dan Ahmad, maksud budak tadi adalah duit zakat dipakai nukar budak yg asli kada mukatab lalu dimerdekakan.

Jar Abu Hanifah, sebagian di tukarkan budak lalu dimerdekakan, sebagian lagi dibari ke mukatab.

Imam Zuhri guru Imam Malik berpendapat , bagian budak ini dibagi 2.1/2 untuk yg mukatab2, setengah untuk membeli budak2 yg mereka sholat dan puasa  , dan terkemuka Islamnya.

6.Orng behutang

Yaitu urang yang behutang kada untuk maksiat, maka dibari zakat.

Klasifiksinya

1.urang yang behutang untuk supaya kada terjadi fitnah antara 2 golongan , misalnya terjadi pembunuhan oleh salah satu golongan itu ke golongan yg lain, lalu kalo dibiarkan pacang tawuran , maka inya bekalah hakun membyari diyat pembunuhan itu meskipun behutang supaya kada terjadi perang. maka inya dibari dari harta zakat ,meskipun sugih, untuk memuliakan dia

2.Orng yg behutang untuk menjamu tamu, atau membagun masjid atau kemashlahatan2 umum lain 

3.Urang yg behutang untuk dirinya sendiri atau keluargnya

4.Penanggung hutang. Misal Si A behutang lawan B, A kd mampu bayar lalu Si C hakun menanggungkan dulu hutangnya dibayarinya ai , behutng jua pulang. Nah inya si C berhak dapat zakat bila memang si C tu kesulitan membayarinya dan sampai masa bayar nya dan urang yg di tanggung hutangnya yaitu A tu kesulitan jua membayar

#Bila yg ditanggung sugih, yg menanggung melarat , maka yg menanggug diberi secukup hutangnya jika memang dia menanggung hutang yg ditanggung tanpa izin.

#Klo sebaliknya , yg ditanggung melarat yg menanggung sugih, maka yg dibari zakat  adalah yg ditanggung sekadar melunasi hutang lwn yg menanggung

#bila penanggung sudah melunasi hutangnya dari bagian nya sebagai ghorim, maka kada bulih lgi inya menagih lawan yg ditanggung , meskipun inya menanggung atas izin yg ditanggung

#Bila behutang tujuan maksiat maka kada berhak, atau.

#amun tujuan nya asal behutang untuk maksiat ke pembatuan misal, sekalinya kada jadi ,digunakan duitnya untuk yg mubah2, maka berhak dapat zakat

#Atau urang yang behutang di gunakan duitnya tuk maksiat tpi betobat dan disangka banar tobatny, maka dibari kalo memang sudah jatuh tempo dan inya kada mampu byar.

Urang yang behutang kdda tujuan, kada dapat zakat

7.Fi Sabilillah.

Yaitu urang yg sukarela tulak perang di jalan Allah , yg mereka tidak dapat gaji dari pemerintah artinya bukan tentara, maka dia dapat zakat  meskipun sugih. maka di beri kepadanya untuk keperluan perang. ini pendapat Imam Syafi'i, Malik,Ishaq, Abi 'Ubaid ,.Dan Abu Hanifah dan sahabat2nya berpendapat kada dapat zakat bagi mereka kecuali bila memang ia butuh

#Bujurlh pndpt Imam Qoffal yg brpndpt Sabilillah tu termasuk santri, ustadz, masjid, madrasah dll

=itu bukan pendapat sidin, sidin menukil jua.

#bolehlh zakat fithrah dibari ke ustadz atau masjid atau santri tadi atas nama sabilillah.

=KADA SAH.4 MADZHAB SEPAKAT

#Tapi maka madzhab Maliki berpendapat Sabilillah tu yang kaya tadi penuntut ilmu, ustadz2 atau sabilul khoir.?

=Bujur, tpi klo pun handak taqlid ke Imam Malik memberi ke ustadz misalnya dalam zakat fithrah atas nama golongan sabilillah tetap kada sah ,karena dalam madzhab Maliki, zakat fithrah hanya di beri ke faqir dan miskin.😊

8.Ibnu Sabil, anak jalan yaitu urang yg memulai perjalanannya di daerah zakat, atau melewati daerah zakat , perjalanan yg mubah, ia di beri bagian yg cukup dgn kebutuhannya dan kebutuhan orang yg jadi tanggungnnya , baik nafkah ,biaya pakaian, selama pergi sampai pulang, jika inya kdd harta di perjalanan atau di tujuan

#Si A ni faqir, muallaf, ghorim,  berarti boleh lah mambil 3 bagian zakat atas 3 statusny

=kd bulih cukup sekali aja.kcuali inya mangmbil zakat atas nama ghorim lalu dibayarkannya hutangnya dgn duit zakat tadi, maka dia bisa menerima lg sbagai faqir, .

#urg safar tujuan maksiat kda dapat bagian

#kd dapat jua safar urang yang kdd tujuan


3. Syarat orang yg menerima zakat

Pada yg lalu kita sudah membahas tentang 8 ashnaf yg berhak nerima zakat fithrah maupun zakat mal, nah ini syarat 2 yg harus ada pada pribadi mustahiqq 

1.Islam, maka urang kafir meskipun miskin kada dapat

2.Merdeka yg sempurna, maka budak kada dapat kecuali mukatab yg kita jelaskn sblumnya

3.Urangnya bukan urang sugih, pengecualiannya sudah dijelaskan sebelumnya

4.Yg menerima bukan orang yg wajib di nafkahi, maka kada bulih laki bezakat ke bini.,atau kuitannya yg miskin .karena mereka tu wajib d nafkahi

5.Yg mnerima bukan Ahlul Bait.Siapa grang ahlul Bait Nabi, yaitu Bani Hasyim dan Bani Muthotholib. 

Bani Hasyim ini ada 5 

1.Kturunan  Sayyidina 'Abbas bin 'Abdul Muththolib

2.Keturunan Sayyidina 'Ali bin Abi Tholib..Baik dari pernikahan beliau dengan Sayyidah Fathimah binti Rosulillah  seperti para Habaib.maupun dengan selain Sayyidah Fathimah RA., Contohnya adalah Muhammad bin Al Hanafiyyah RA, adalh anak Sayyidina 'Ali dari istri bliau dari bani Hanifah, shingga untuk mmbedakan dgn Sayyid Hasan dan Husain, mk bin nya di sebut Al Hanafiyyah.

3.Keturunan  Sayyidina 'Aqil bin Abi Tholib, adalah dingsanak Imam 'Ali KW.

4.Keturunan Sayyidina Ja'far bin Abi Tholib RA, dingsanak Imam 'Ali KW.

5.Anaknya dari Harits bin 'Abdul-Muththolib

Maka itu semua adalah bani Hasyim. Hasyim adalah ayah dari Syaibah yg nanti lebih kita kenal dengan 'Abdul Muththolib. Yaitu kakek Nabi SAW.,Hasyim Adalah tokoh pemimpin kaumnya, Beliau menikah dgn perempuan Yatsrib atau Madinah yg bernama Salma, lalu dari beliaulah lahir Syaibah yg kita knal dengan 'Abdul Muththolib. Sebenarnya al Muththolib itu adalah Paman dari 'Abdul Muththolib, kenapa jadi dinamai 'Abdul-Muththolib  ,karena kakek Nabi ketika muda dibawa oleh Al-Muththolib paman sidin ke Makkah naik Unta dari Yatsrib atau Madinah, tujuan bliau adalah menjadikan Syaibah sebagai pemimpin menggantikan Al-Muththolib yg menggantikan juga kepemimpinan saudaranya, ayah Syaibah yaitu Hasyim yg telah wafat.

Orang Makkah mlihat Syaibah kakek Nabi di bonceng Al-Muththolib lalu tdk tahu tntang anak pmimpin mereka yaitu Hasyim ,mreka mngira Syaibah adalah budaknya Al-Muththolib, shingga lahirlah sebutan 'Abdul-Muththolib.

Maka dari definisi Ahlul Bait ini, maka Imam Syafi'i pun termasuk Ahlul Bait krna bliau dari Bani Al Muththolib.

Dalil ny  bhwa Ahlul Bait tdk boleh mnrima zakat adalh Hadits Nabi SAW.=

ان هاذه الصدقات اوسخ الناس، و انها لا تحل لمحمد ولا لآل محمد .رواه مسلم

="Sesungguhnya ini zakat2 adalah kotoran Manusia, Dan sesungguhnya dia tdk halal bagi Muhammad dan tidak (halal) bagi Keluarga Muhammad. HR.Muslim

Ahlul bait Nabi tdk dpt zakat tpibdpat bgian dari baitul mal yg dikenal dgn istilah  khumusul khumus(1/5).

Namun sbagian Ulama mmbolehkn bgi Ahlul Bait untuk mngmbil zakat jika mmang mereka tdk dpt lgi bgian khumusul khumus itu, ini adlh pndapat Imam Isthokhory, Al Harawi , Ibn Ziyad dll hl ini juga disbut dlm kitab Bughyatul Mustarsyidin

6.Yg mnrima bukan orang yg terhalang atasnya .Seperti gila ,boros dsb.

ADA 3 FATWA IMAM IBNU 'UJAIL , YG BLIAU FATWAKAN DAN PENDAPAT BELIAU TIDAK MASYHUR BHKN DIKATAKAN DHOIF DLAM MADZHAB SYAFI'I NAMUN KITA PERLU MEMPERTIMBANGKNNYA UNTUK KMUDAHAN DLM BERZAKAT.

ini juga yg diajarkan oleh Alm.Guru Zuhdi ,agar kita taqlid kepada bliau.

1.Bolehnya mmberikan zakat kepada 1 golongan dari 8 ashnaf..Ini tentu mudah bagi kita karna pendapat yg asli dalam Madzhab kita adalah fithrah kita tu harus dibagi 8 ashnaf, jadi misal sekeluarga ada 12 kg baras dibagi ke 8 golongan tu. Ini tentu sulit karena zaman sekarang sulit menemukan 8 golongan itu ,apalagi budak. Ulama Syafi'i ada yg memberikan keringanan paling tidak pada 3 golongan. Nah pendapat Ibn 'Ujail ini yg paling ringan dan pendapat beliau ini lah yg sama dgn pendapat Madzhab Hanafi, Maliki, dn Hambali.

2.Bolehnya mmberi zakat  cukup 1 orang saja  dari satu golongn..Pendapat Madzhab kita yg kuat harus 3 orang tiap golongan. Ini mungkin sulit karna tentu akan lebih sedikit yg kita berikan. makany kita perlu taqlid ke Imam Ibnu 'Ujail

3.Bolehnya memindah zakat dari tempatnya ke negeri atau tempat lain

Pendapat yg kuat adalah zakat fithrah harus dibayarkan di tempat dimana muzakki itu berada ketika matahari terbenam akhir Ramadhan .

Demikianlah pnjlasan mengenai zakat fithrah , mudahan bermanfaat bagi kita barataan, dan semoga amal ibadah kita diterima, dan kita diberi taufiq nanti tuk menunaikan Zakat Fithrah. Kami minta rela klo ada kesalahan dalam pengetikan materi ini.



Referensi

Hasyiyah Bajuri, Syaikh Ibrahim Al-Bajuri

Fathul Mu'in, Syaikh Zainuddin Al Malibari

Hasyiyah I'anatuth-Tholibin, Syaikh Abu Bakr Syatho'

Kifayatul Akhyar, Syaikh Taqiyuddin Al Hishni

Minhajut-Tholibin wa 'umdatul Muftin, Imam Nawawi

Nihayatuz-Zain, Syaikh Nawawi Al-Bantani

At-Taqrirotus-Sadidah, Habib  Hasan bin Muhammad Al Kaff

Tuhfatul Habib 'ala Syarh Al Khothib. Asy-Syaikh Sulaiman Al Bujairimi

Bughyatul Mustarsyidin , Habib 'Abdurrahman bin Muhammad Al Masyhur.

 Matan Zubad,  Syaikh Ibn Ruslan

Tafsir Showi, Imam Ahmad Bin Muhammad Ash-Showi

Tafsir Maroh Labid, Syaikh Nawawi Banten

Kasyifatus Saja syarh safinatun najah, 

Syaikh Nawawi Banten

Syarh Sittin masalah, Imam Ahmad Ar-Romli

Majmu' Syarh Muhadzadzab ,Imam Nawawi

40 masalah agama, Syaikh KH.Sirajuddin 'Abbas

Muhammad His life Based on the earliest Sources, Martin lings (Abu Bakr Siraj Ad-Din), yg dtrjmahkn dgn judul Muhammad , kisah hidup Nabi berdasarkan sumber klasik

Posting Komentar